LAPORAN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI PEMBUATAN TEMPE



               Hai sobat biologi, kali ini saya kasi deh buat kalian laporan praktikum biotek dengan judul pembuatan tempe, semoga bermanfaat yah...
BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang
Secara umum, Negara yang beranda di benua Asia, terkenal sebagai Negara dengan keragaman kuliner. Seperti china, korea, dan lainnya tak terlepas pula di Indonesia. Di Indonesia sendri hampir disetiap daerah memiliki makanan dengan ciri khas tersendiri. Selain karena kekhasan dan keunikan makanan tiap daerah, harga makanan yang murah juga membut Indonesia sebagai Negara wisata kuliner yang tak jarang banyak sekali orang-orang yang melakukan wisata kuliner yang bahkan pengunjunganya sampai pada warga mancanegara.
Salah satu makanan khas dari Indonesia yang dapat dikatakan telah menjadi makanan pokok masyarakat adalah tempe. Tempe merupakan makanan tradisional yang sangat popular dan digemari di masyarakat. Tidak hanya di Indonesia tempe sudah terkenal bahkan ke Eropa. Hal ini tidak lain karena rasanya yang nikmat, harga yang murah dan tentunya mengandung gizi yang baik. Bahan pokok pembuatan tempe biasanya menggunakan kacang-kacangan, seperti kacang tanah kedelai dan dapat pula menggunakan biji lamtoro. Akan tetapi yang paling sering digunakan adalah kacang kedelai.
Jika ditinjau dari proses pembuatan, dapat diketahui bahwa tempe merupakan salah satu produk bioteknologi berbasis konvensional. Hal ini karena melibatkan mikrobia eukariotik yaitu kapang yang biasanya diperoleh dari ragi artinya di dalam ragi tersebut mengandung empat jenis kapang dari kelompok Rhizopus, yaitu Rhyzopus ologosporus, Rhyzopus stolonifer, Rhyzopus arrhizus, dan Rhizopus oryzae. Hifa dari kapang iniliha yang terlihat berwarna putih pada tempe.
Melihat dari segi ekonomi konsumsi masyarakt yang begitu tinggi terhadap tempe, maka penting diadakan praktikum ini,  Selain karena daya konsumsi yang tinggi, tentunya kemampuan dasar dalam wirausaha berbasis pengetahuan biologi salah satunya dalam membuat tempe sangat penting untuk diketahui.
B.  Tujuan
Mengatahui cara pembuatan tempe dengan baik dan benar dan karakteristik tempe kualitas yang baik.
C.  Manfaat
Praktikan mengetahui cara pembuatan tempe yang baik dan benar dan karakteristik tempe kualitas yang baik.
.

BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Fermentasi merupakan suatu cara yang telah dikenal dan digunakan sejak lama sejak jaman kuno. Fermentasi merupakan suatu cara untuk mengubah substrat menjadi produk tertentu yang dikehendaki dengan menggunakan bantuan mikroba.  Bioteknologi berbasis fermentasi sebagian besar merupakan proses produksi barang dan jasa dengan menerapkan teknologi fermentasi atau yang menggunakan mikroorganisme untuk memproduksi makanan dan minuman seperti: keju, yoghurt, minuman beralkohol, cuka, sirkol, acar, sosis, kecap, dll (Nurcahyo, 2011).
Menurut Suprapti (2003) dalam Sukardi (2008) Tempe merupakan salah satu hasil fermentasi kedelai yang sudah cukup dikenal sebagai makanan yang bermanfaat bagi kesehatan. Tempe mengandung vitamin B12 yang biasanya terdapat dalam daging dan juga merupakan sumber protein nabati selain sebagai sumber kalori, vitamin dan mineral (Suprapti, 2003 dalam Sukardi, 2008).
Kata “tempe” diduga berasal dari bahasa Jawa Kuno. Pada masyarakat Jawa Kuno terdapat makanan berwarna putih terbuat dari tepung sagu yang disebut tumpi . Makanan bernama tumpi tersebut terlihat memiliki kesamaan dengan tempe segar yang juga berwarna putih. Boleh jadi, ini menjadi asal muasal dari mana kata “tempe” berasal (PUSIDO Badan Standardisasi Nasional, 2012).
Tempe merupakan makanan yang terbuat biji kedelai atau beberapa bahan lain yang diproses melalui fermentasi dari apa yang secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”. Lewat proses fermentasi ini, biji kedelai mengalami proses penguraian menjadi senyawa sederhana sehingga mudah dicerna (PUSIDO Badan Standardisasi Nasional, 2012).
Secara umum tahu dan tempe dibuat dari bahan baku kedelai. Sekitar 80% kedelai dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan industry tahu dan tempe sedangkan sisanya digunakan oleh berbagai macam industry seperti  kecap, susu kedelai, makanan ringan dan sebagainya. Dalam beberapa tahun terakhir produksi kedelai di Indonesia terus berkurang dan tidak mampu memenehui kebutuhan (Haliza, 2007).
Tempe merupakan olahan kedelai dengan fermentasi kapang Rhizopus. Kapang yang sering digunakan dalam pembuatan tempe, adalah Rhizopus microsporus dan R. oryzae. Kedua kapang tersebut mempunyai aktivitas enzim β-glukosidase berbeda. Aktivitas enzim β-glukosidase R. microsporus var. chinensis lebih kuat daripada R. oryzae (Purwoko et al., 2001 dalam Purwoko, 2004).
Proses pembuatan tempe dapat terbilang membutuhkan waktu yang cukup lama. Hingga diperoleh hasil jadi tempe, waktu yang dibutuhkan yaitu minimal 24 jam dan maksimal 72 jam. Lamanya proses pembuatan tempe karena proses fermentasi. Fermentasi akan berlangsung baik dan cepat bila dibantu dengan kondisi suhu yang optimal, jumlah ragi yang tepat dan pH yang asam (±4-5)  (Widayati, 2002 dalam Lumowa, 2014).
Waktu fermentasi memberikan pengaruh dalam kualitas produk suatu produk, produk fermentasi adalah produk yang dapat diterima baik secara kenampakan, aroma serta nutrisi yang dihasilkan. Fermentasi dibantu oleh mikroorganisme yang memiliki fase hidu logaritmik. Sehingga untuk mendapatkan produk fermentasi yang terbaik harus mengetahui fase pertumbuhan optimal dari mikroorganisme yang dimanfaatkan tersebut (Darajat. 2014).  


BAB III
METODE PRAKTIKUM
A.  Waktu dan Tempat
Hari/Tanggal           : Kamis, 1 Desember 2016
Waktu                     : Pukul 15.00-16.40 WITA
Tempat                   : Laboratorium Biologi Lantai 3 Barat FMIPA UNM
B.  Alat dan Bahan
1.    Alat
a.    Talang plastik
b.    Baskom
c.    Pengaduk kayu
d.   Dandang
e.    Kompor
f.     Jarum pentul
g.    Kardus
h.    Kipas angin
2.    Bahan
a.    Kedelai
b.    Kacang tanah
c.    Kacang merah
d.   Ragi tempe
e.    Air secukupnya
f.     Lilin
g.    Kemasan plastik/daun pisang
C.  Prosedur Kerja
1. Membersihkan kedelai, kacang tanah, dan kacang merah dari kotoran-kotoran kemudian direndam dengan air bersih selama 12-18 jam.
2.  Melepaskan kulit biji kedelai, kacang tanah, dan kacang merah yang telah lunak, kemudian mencucinya dengan menggunakan air bersih.
3.   Mengukus masing-masing kedelai, kacang tanah, dan kacang merah tersebut sampai empuk.
4.  Setelah biji kedelai, kacang tanah, dan kacang merah terasa empuk, menuangkan masing-masing biji tersebut pada talang yang telah dibersihkan, lalu diangin-anginkan dengan kipas sambil diaduk hingga biji tersebut menjadi hangat.
5.  Menaburkan ragi tempe pada masing-masing kedelai, kacang tanah, dan kacang merah sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk supaya merata.
6.   Menyiapkan kantong plastik kemudian memberi lubang dengan menggunakan jarum
7.   Memasukkan masing-masing kedelai, kacang tanah, dan kacang merah yang telah diberi ragi ke dalam pembungkus yang berbeda setiap jenis kacang. Mengatur ketebalannya sesuai dengan selera dan simpan ke dalam kardus untuk proses fermentasi.
8.  Proses fermentasi kedelai, kacang tanah, dan kacang merah ini pada suhu kamar selama satu atau dua hari hingga seluruh permukaan kacang kedelai tertutupi jamur.


BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN
A.  Hasil Pengamatan

No
Bahan
ambar Hasil Pengamatan
1.
Kacang Tanah
 
2.
Kedelai

3.
Kacang Merah

B.  Pembahasan
Tempe merupakan makanan yang terbuat biji kedelai atau beberapa bahan lain yang diproses melalui fermentasi dari apa yang secara umum dikenal sebagai “ragi tempe”. Lewat proses fermentasi ini, biji kedelai mengalami proses penguraian menjadi senyawa sederhana sehingga mudah dicerna   (PUSIDO Badan Standardisasi Nasional, 2012).
Proses pembuatan tempe dapat terbilang membutuhkan waktu yang cukup lama. Hingga diperoleh hasil jadi tempe, waktu yang dibutuhkan yaitu minimal 24 jam dan maksimal 72 jam. Lamanya proses pembuatan tempe karena proses fermentasi. Fermentasi akan berlangsung baik dan cepat bila dibantu dengan kondisi suhu yang optimal, jumlah ragi yang tepat dan pH yang asam (±4-5) (Widayati, 2002 dalam Lumowa, 2014).
Berdasarkan hasil pengamatan setelah dilakukan proses fermentasi, maka diketahui bahwa secara umum dapat dikatakan tidak berhasil. Proses pembuatan tempe menggunakan bahan kacang kedelai tidak berjalan dengan baik dimana hampir seluruh tempe kedelai yang dibuat tidak berhasil dimana memiliki aroma berbau tidak sedap dan misellium yang tumbuh tidak merata. Sedang pada kacang merah dapat dikatakan gagal sepenuhnya, miselium tumbuh tidak merata dan memiliki bau tidak sedap. Sedang pada kacang tanah dapat dikatakan berhasil hal ini dapat dilihat dari pertumbuhan miselium yang baik berwarna putih dan merata walaupun ada beberapa dari produk yang dibuat tidak berhasil.
Dari beberapa hipotesis tidak maksimalnya pembuatan tempe tersebut disebabkan karena kualitas kacang-kacangan yang kurang baik, terutama pada kacang kedelai dan kacang merah. Selain itu, karena pemberian ragi kurang merata sebab pada saat pemberian ragi kacang masih dalam keadaan agak basah serta tempat penyimpanan atau cara penyimpanan yang kurang baik dimana produk ditumpuk beberapa tingkat sehingga menghalangi udara masuk pada lubang-lubang yang dibuat.


BAB V
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Berdasarkan hasil pengamatan, maka diketahui bahwa proses pembuatan tempe yang dilakukan tidak berjalan dengan baik disebabkan proses pengolahan yang kurang baik.
B.  Saran
Sebaiknya menggunakan bahan-bahan yang jarang digunakan dalam proses pembuatan tempe pada umumnya semisal biji lamtoro.



DAFTAR PUSTAKA
Darajat, Duta Pakerti dkk. 2014. Jurnal Pangan dan Agroindustri. Influence of Fermentation Time and Proportion of Dextrin to the Quality of Milk Tempeh Powder.  Vol.2 No.1.

Haliza, Winda. 2007.  Buletin Teknologi Pascapanen Pertanian. Pemanfaatan Kacang-Kacangan Lokal Sebagai Substitusi Bahan Baku Tempe dan Tahu. Vol. 3.

Lumowa, Sonja V. T. 2014. Jurnal EduBio Tropika. Pengaruh  Perendaman Biji Kedelai (Glycine Max, L. Merr)  Dalam Media Perasan Kulit Nanas (Ananas Comosus (Linn.) Merrill)  Terhadap Kadar Protein Pada Pembuatan Tempe. Vol. 2 No. 2.

Nurcahyo, Heru. 2011. Diktat Bioteknologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

PUSIDO Badan Standardisasi Nasional, 2012. Tempe Persembahan Indonesia Untuk Dunia. Jakarta: BSN

Purwoko, Tjahjadi. 2004. Kandungan Isoflavon Aglikon pada Tempe Hasil Fermentasi Rhizopus microsporus var. oligosporus: Pengaruh Perendaman. Vol. 6 No.2. 

Sukardi, dkk. 2008. Jurnal Teknologi Pertanian. Tempeh Inoculum Application Test of Rhizopus oryzae with Rice and Cassava Flour as Substrate at Sanan Tempeh Industries eh - Kodya Malang Vol. 9 No. 3.

38 Responses to "LAPORAN PRAKTIKUM BIOTEKNOLOGI PEMBUATAN TEMPE"

  1. Agen Sbobet
    Agen Resmi Sbobet
    Sabung Ayam
    Casino Online
    Berita Bola
    Berita Viral
    Brita Tranding

    Berikut HOT PROMO Yang Ada Di Bola206, antara lain :

    Bonus CASHBACK 5% untuk permainan SPORTBOOK
    Bonus ROLLINGAN 1% untuk permainan CASINO
    Bonus CASHBACK 5% untuk permainan SABUNG AYAM
    Bonus Referral 2.5% untuk permainan SPORTBOOK
    Bonus Referral 2,5% untuk permainan SABUNG AYAM

    SITUS BETTING ONLINE YANG AMAN DAN TERPERCAYA
    WWW,INDO206,NET

    DENGAN 1 USER ID ANDA DAPAT BERMAIN DI SEMUA GAME KAMI
    SPORTBOOK/LIVECASINO/SABUNGAYAM

    Minimal DP & WD 50RB
    Proses DP & WD HANYA 2 MENIT

    AGEN BETTING ONLINE YANG SUDAH
    PASTI DAN JELAS TERPERCAYA.
    WWW,INDO206,NET


    ( Via Live Chat ) Respon Cepat
    Costumer Service 24 Jam Online

    Line ID : agenbola206
    IG : @bola206hq
    FB : Bola206_Official
    WA : +6281363191417


    Ditunggu Kehadirannya Di Bola206 :)

    ReplyDelete
  2. "Bermanfaat sekali jangan lupa mampir ya buat yang suka main togel, casino dan slot online disini tempat terbaiknya

    KERIS2 = keris2.com

    Dapatkan promo menarik di beberapa bandar togel, slot dan casino online pilihan kamu sekarang!
    - Cashback Togel 5%
    - Cashback Casino Up 10%
    - Cashback Slot 5%

    Rollingan Besar yang selalu menanti untuk kamu sekarang Coba keberuntungan kamu disini
    - Rollingan Casino 0.7%
    - Rollingan Slot 0.7%

    Dapatkan diskon spesial togel dan hadiah tinggi yang menanti untuk kamu sekarang juga!
    - Diskon Togel 2D = 29% Hadiah x70
    - Diskon Togel 3D = 59% Hadiah x400
    - Diskon Togel 4D = 66% Hadiah x3000

    Semua game ada disini :
    Agen Togel, Agen Togel Aman, Agen Togel Terpercaya, Agen Togel Online, Bandar Togel, Bandar Togel Online, Bandar Togel Terpercaya,
    Bandar Togel Aman, Situs Togel, Situs Togel Online, Situs Togel Terpercaya, Situs Togel Aman, Togel Online, Togel Online Aman,
    Togel Online Terpercaya, Togel Online Terbaik,Agen Slot, Agen Slot Online, Agen Slot Terpercaya, Agen Slot Aman,
    Bandar Slot, Bandar Slot Aman, Bandar Slot Terpercaya, Bandar Slot Online, Situs Slot, Situs Slot Online,
    Situs Slot Terpercaya, Situs Slot Aman, Situs Slot Terbaik, Agen Casino, Agen Casino Online, Agen Casino Aman, Agen Casino Terpercaya,
    Bandar Casino, Slot Online, Casino Online, Bandar Casino Terpercaya, Bandar Casino Terbaik, Bandar Casino Aman,
    Situs Casino Online, Situs Casino Terpercaya, Situs Casino Aman, Situs Casino Indonesia.

    Kami tunggu Kehadirannya Ya Pasti Menang Berapapun Kami Bayar !!!"

    ReplyDelete




  3. 365SBOBET Situs Agen Sbobet, Agen Bola Terpercaya di Indonesia

    365sbobet adalah Agen SBOBET Terpercaya Indonesia, Situs Agen Bola Resmi Online Casino Terbaik Official Partner kami adalah Barcelona dan Liverpool.

    365Sbobet
    agen sbobet
    Agen Sbobet Online
    Agen Sbobet Terpercaya
    Agen Sbobet Indonesia
    Agen Sbobet Asia
    Agen Sbobet Resmi
    Agen Sbobet Mobile
    Daftar Agen Sbobet
    Situs Agen Sbobet
    Website Agen Sbobet
    Link ALternatif Agen Sbobet
    Bonus Agen Sbobet
    Sbobet
    Sbobet Online
    Sbobet Terpercaya
    Sbobet Indonesia
    Sbobet Asia
    Sbobet Resmi
    Sbobet Mobile
    Daftar Sbobet
    Situs Sbobet
    Website Sbobet
    Link ALternatif Sbobet
    Bonus SbobetAgen Bola
    Agen Bola Online
    Agen Bola Terpercaya
    Agen Bola Indonesia
    Agen Bola Asia,
    Agen Bola Resmi
    Agen Bola Mobile
    Daftar Agen Bola
    Situs Agen Bola
    Website Agen Bola
    Link ALternatif Agen Bola
    Bonus Agen Bola
    Agen Slot
    Main Slot
    Situs Sbobet
    Situs Slot
    Slot
    Slot Online
    Slot Terbaik
    Website Slot





    ReplyDelete
  4. BUTUH UANG CEPAT ?? BUTUH UANG TAMBAHAN ?? SEDANG LAGI MASALAH DALAM KEUANGAN ??? ATAU SERING KALAH DALAM BERMAIN SLOT???
    Inilah solusi nya yaitu OBOR138 merupakan situs slot judi online resmi terpercaya dan terpopuler 24 jam yang menyediakan game terbaik dari berbagai provider yang terkenal.

    Dengan minimal deposit 50.000 dan anda bisa memainkan gamenya sepuasnya.
    ayo daftar kan sekarang juga hanya di slot gacor
    slot terpercaya
    deposit pulsa
    slot judi online

    ReplyDelete
  5. Siapa sih yang tidak ingin bermain di situs slot gacor gampang menang dengan memilih situs judi slot gacor gampang di tahun 2022? Tenang saja, anda berada pada situs yang sangat tepat untuk bermain judi online yang gacor gampang menang ini. Daftarkan akun anda dengan klik link dibawah ini!
    obor138
    asia 138 slot
    obor 138
    obor 138 slot
    obor138 slot
    obor138 slot login
    obor 138 slot login
    situs slot online
    situs slot terpercaya 138
    situs slot terbaik 138
    slot online
    slot online obor138
    situs slot gacor obor138
    slot gacor
    obor138 link alternatif
    obor 138 link alternatif
    obor138 login
    obor 138 login
    obor138 daftar
    daftar obor138
    obor 138 daftar
    daftar obor 138
    situs judi

    GASKAN BOSSKUU!! TUNJANG SAMPAI TUMBANGGG!!!

    ReplyDelete
  6. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
    Bismillah'hirahman'nirrahim

    Maaf numpang promo Bapak/Ibu....
    kami ingin mengingatkan bapak ibu bahwa lebaran sudah dekat, oleh karena daftarkan diri anda di Obor138 dan menangkan hadiah jutaan rupiah.
    138 slot
    obor 138 slot
    login obor 138
    situs slot obor 138
    agen slot obor 138
    obor 138 agen slot
    situs slot obor 138 gacor
    obor 138 gacor
    obor 138 slot
    bet obor 138
    slot terpercaya
    obor138
    obor138 login
    obor 138 login
    situs slot online
    situs slot
    slot online obor138
    slot online terbaik
    judi slot

    ReplyDelete
  7. Di Obor 138 agen slot gacor selalu menyediakan permainan Fair to play, oleh karena itu anda tidak akan merasa tertipu oleh kami. Obor 138 slot juga tentunya sudah berlisensi Internasional jadi tentunya anda bisa bermain dengan enjoy dan senang pastinya. Kemenangan yang anda dapatkan dari taruhan - taruhan lakukan akan kami bayar 100% murni.
    Agen slot obor 138

    ReplyDelete
  8. Di Obor 138 slot gacor kami pastinya tetap aktif selama 24 non - stop untuk menjaga kenyamanan para bettors dari kendala masalah yang muncul tiba - tiiba tanpa adanya sebab. Oleh karena itu kami selalu siap membantu anda dimanapun dan kapanpun jika adanya masalah yang terjadi tanpa membuat anda gelisah.
    situs slot gacor

    ReplyDelete
  9. Selain menyediakan banyak game situs slot online, OBOR 138 slot gacor tentunya akan memberi sedikit tips & trik dalam bermain di situs slot online agar mendapatkan jackpot terbesar setiap harinya. Banyak trik yang perlu untuk anda ketahui sebelum melakukan taruhan dalam situs slot online ini.
    slot 138 online

    ReplyDelete
  10. Selain menyediakan banyak game situs slot online, OBOR 138 gacor selalu memberikan tips & trik dalam bermain di situs slot online agar mendapatkan jackpot terbesar setiap harinya. Perlu diingat bahwa provider permainan yang direkomendasikan oleh situs obor 138 slot tentunya sudah mempunyai tingkat kemenangan yang tinggi.
    slot judi online terbaik dan terpercaya OBOR138

    ReplyDelete
  11. Banyak jenis permainan game slot online yang ada di situs judi online slot gacor hari ini pastinya akan membuat anda binggung untuk memilih permainan mana saja yang lagi gacor. Maka dari itu, Obor138 akan memberikan arahan kepada anda untuk memainkan game slot gacor sehingga mudah memenangkan hadiahnya.
    obor138 link alternatif

    ReplyDelete
  12. Obor138 siap melayani setiap member slot online dengan sangat ramah dan cepat. Jika anda mengalami kendala pada saat bermain slot online, anda bisa langsung menghubungi Customer Service kami yang sudah terlatih profesional dan siap melayani anda 24 jam penuh.
    obor 138 slot gacor terbaik dan terpercaya

    ReplyDelete
  13. Obor 138 Slot Gacor Terbaru Hari Ini terpercaya dengan bonus terbaik. jika anda bergabung jadi member bisa memperoleh bermacam- macam provit menarik. situs slot online terbaik memperkenalkan metode sistem deposit melalui e-wallet dan transfer bank yang memberi anda kemudahan dalam memainkan seluruh game dengan satu akun saja buat bermain game slot online. gabung sekarang supaya anda memperoleh banyak keuntungan, dengan bermain serta mengumpulkannya bisa membuat anda jadi kaya dalam waktu singkat

    ReplyDelete
  14. Persentasi winrate yang dipunyai oleh Slot Online Gacor bisa dikatakan rata-rata lebih besar dibandingkan judi slot online terbaik lainnya. anda akan lebih banyak untung besar apabila bergabung bersama Situs slot Obor 138 Terpercaya dan Gacor Rtp Tertinggi. anda pasti penasaran kan? Karena dengan anda memaikannya di situs slot terpercaya dan gacor, terdapat banyak jenis permainan slot gacor hari ini yang paling diminati bisa anda pilih untuk memainkannya.

    ReplyDelete
  15. Jangan sampai ketinggalan!!! ayo cepat gabung dan daftar diri anda sekarang juga agar anda tidak ketinggalan dengan penawaran segala bonafit deposit E-wallet, transfer bank mendapatkan bonus promo new member 100% untuk member baru ikut bergabung. segala provit dan bonus ataupun jakcpot terbesar bisa anda dapatkan dengan mudah di situs slot obor 138 online terbaik dan terpercaya.

    ReplyDelete
  16. agen slot Obor 138 merupakan situs slot online terbaik dan terpercaya yang sangat di idolakan di kalangan kelompok penjudi online hingga menjadi terkemuka sampai saat ini, telah banyak yang membuktikan bahwa permainan judi slot online ini bisa memperoleh keuntungan yang sangat besar saat memaikan permainan slot online

    ReplyDelete
  17. Anda mencari slot online yang memberikan keuntungan banyak?inilah kesempatan Anda bisa memainkan permainan judi slot online terbaik dan terpercaya obor138 di mana saja anda berada, sangat banyak penawaran menarik yang ditawarkan setiap harinya. maka dari itu, untuk daftar situs judi slot online terpercaya ini sangatlah dibutuhkan dan banyak orang mencarinya setiap harinya, Seperti Situs SLOT OBOR 138 dan tentunya itu memiliki bermacam- macam game slot online terbaik, dan juga disertai kumpulan situs judi slot online terpercaya.

    ReplyDelete
  18. situs judi slot online paling gacor saat ini tentunya memberikan pemain keuntungan dalam beragam permainan paling gacor saat ini sehingga para pemain judi slot online situs slot mentari138

    ReplyDelete
  19. banyak keuntungan yang bisa anda dapat bila memainkan game slot online di situs game slot online Obor 138 terbaik dan terpercaya di indonesia tentunya anda pasti ingin mendapatkan keuntungan yang besar. Agen situs judi slot online terbaik memberikan keuntungan pada saat anda main slot online. inilah beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan di situs slot online Obor 138 sebagai berikut Layanan Customer Service aktif selama 24 jam, Membagikan bonus tambahan saat main slot online, mempunyai server canggih juga berkualitas,langkah-langkah deposit yang lengkap juga memberikan banyak promo menarik untuk anda nikmati.

    ReplyDelete
  20. Situs slot Obor138 terbaik dan terpercaya telah terbukti memberikan provit lebih untuk member yang telah bergabung.saat ini telah menghadirkan jenis-jenis fasilitas terbaik untuk memberikan kenyamanan para pemain juga Sering membagikan kemenangan dan memberikan banyak bonus jackpot slot online terbesar yang di berikan oleh Situs Obor 138 Slot online Gacor Jackpot Terbesar. pastinya juga menawarkan beragam permainan bocoran slot gacor saat ini yang memudahan anda agar meraih kemenangan dengan taruhan yang cukup kecil mudah menang jackpot
    agen slot obor 138

    ReplyDelete
  21. selaku situs judi slot online terpercaya dan gacor hari ini merupakan tempat yang disukai para bettor untuk bermain, Obor 138 slot online akan terus melakukan upgrade secara rutin untuk mempercepat akses website yang tentunya memiliki kualitas terbaik untuk para pecinta game judi slot gacor terbaik di indonesia.
    obor 138 slot login
    slot online obor 138

    ReplyDelete
  22. sistem keamanan yang dimiliki Obor 138 slot online terpercaya mempunyai program keamanan yang terbaik, maka itu semua keamanan serta kenyamanan anda dalam main judi slot online pasti aman, dan data diri anda bakal terpelihara dengan cara selektif oleh teknologi enkripsi informasi. anda juga bisa mengakses situs kami pada mesin pencarian Google karena telah teruji keasliannya dengan banyak member yang telah membuktikannya.
    agen slot online
    situs slot online

    ReplyDelete
  23. tidak perlu sangsi lagi terhadap tingkat kemanangan yang tinggi di situs obor 138. tentunya Obor 138 slot ini adalah situs slot online terbaik yang memberikan tingkat kemenangan tertinggi pada permainan slot online. kunjungi di link
    agen slot obor 138
    situs slot online
    obor 138 slot

    ReplyDelete
  24. OBOR138 merupakan situs judi slot online terpercaya, dimana OBOR138 menjadikan dirinya sebagai tempat perjudian terlengkap yang ada di Indonesia. Setiap hari ribuan orang telah mendaftarkan diri mereka untuk menjadi bagian dari situs SLOT OBOR 138 dalam mendapatkan uang tunai asli tiap harinya.
    obor 138 slot
    slot gacor obor 138
    Agen slot obor 138

    ReplyDelete
  25. OBOR138 sebagai situs judi slot online terpercaya mempunyai Customer Service (CS) yang sangat profesional dengan pengalaman melayani selama bertahun-tahun terlatih dalam melakukan transaksi seperti Deposit dan Withdram yang hanya memakan waktu kurang dari 3 menit saja.
    slot 138 online
    obor 138 slot gacor
    obor 138 slot gacor terbaik dan terpercaya
    obor138 slot judi online terbaik dan terpercaya

    ReplyDelete
  26. keuntungan yang bisa anda raih di situs slot online OBOR 138 terbaik dan Terpercaya di indonesia. tersedia Bonus promo 100% Member Baru dan lainnya bisa anda kunjungi di link
    obor 138 slot online terbaik dan terpercaya

    ReplyDelete
  27. Di masa sekarang yang maju ini yang terus berkembang dan modern ini. permainan slot online yang diciptakan ini menjadi lebih banyak fitur-fiturnya yang terbaik dan berbagai inovasi dan mutu yang terbaik. permainan slot online yang sering dimenangkan banyak orang di situs OBOR138 yang mempunyai mutu konsep global dengan bebagai bonus jackpot terbesar yang dihadirkan
    obor 138
    obor 138 online
    situs obor 138
    obor 138 link alternatif
    slot 138 online
    obor 138 slot

    ReplyDelete
  28. Obor 138 slot terpercaya di indonesia telah menyediakan Minimal deposit yang terjangkau untuk seluruh pemain hanya Rp.50.000 saja anda telah dapat memainkan permainan slot online dengan tingkat kemenangan besar bisa anda nikmati serta memperoleh banyak promo yang menarik ayo mainkan sekarang juga.
    situs obor 138
    obor 138 link alternatif

    ReplyDelete
  29. OBOR138 bisa menjadi tempat hiburan yang menarik sekaligus juga bisa merasakan sensasi permainan yang seru juga sangat menguntungkan dalam finansial.
    slot online
    situs slot

    ReplyDelete
  30. Mulai sekarang, Anda sudah bisa bermain judi online di dalam situs slot online terbaik seperti OBOR 138. Pastinya anda akan merasa senang ketika bermain di obor 138. Dikarenakan anda bisa bermain dengan nyaman dan santai.
    obor 138
    obor 138

    ReplyDelete
  31. Melalui judi slot online, semuanya bisa anda mainkan lewat salah satu situs judi yang telah menjalinkan kerja sama dengan penyedia permainan OBOR 138. Jenis - jenis permainan judi slot online dengan provider yang telah terkenal di dunia, seperti Pragmatic Play, PG Soft, MicroGaming, beserta Habanero dan tentu tidaklah asing lagi didengar oleh para bettors judi slot online. Permainan game yang dikembangkan oleh mereka tentunya merupakan permainan game slot judi online tergacor dan selalu menjadi pilihan bagi para bettors judi di situs slot online seluruh dunia.
    obor 138
    obor 138

    ReplyDelete
  32. Manfaatkan fitur bonus: Manfaatkan fitur bonus yang ditawarkan oleh permainan slot untuk meningkatkan peluang menang Anda. Fitur bonus judi slot gacor dapat memberikan hadiah tambahan seperti putaran gratis atau pengganda kemenangan.

    ReplyDelete