LAPORAN ANFISMAN SIKAP ANATOMI TUBUH MANUSIA




BAB 1
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Kajian ilmu pengetahuan terus-menerus berkembang dari tahun ke tahun. Pada era modern ini kajian tentang manusia terus-menerus dilakukan, hal ini dikarenakan beberapa factor seperti semakin banyaknya penyakit yang menghampiri manusia, atau karena fakta yang kita ketahui bahwa memang masih lebih banyak hal tentang manusia yang belum terungkap dari pada yang telah terungkap. Salah satu cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang tubuh manusia adalah anatomi dan fisiologi tubuh manusia.
Anatomi sendiri berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari kata ana dan tomes. ana berarti memisah-misah atau mengurai sedangkan tomes berarti  memotong-motong sehingga kita ketahui bahwa anatomi berarti mengurai atau memotong. Selain hal tersebut dapat anatomi juga dapat diartikan sebagai studi ilmu tentang susunan atau struktur dari tubuh manusia dan hubungan antara bagian yang satu dengan bagian yang lainnya, sedangkan fisiologi merupakan studi tentang fungsi-fungsi atau mekanisme yang terjadi di dalam tubuh.
Tubuh manusia memang sangat sempurna,  semua potongan tubuh saling terhubung, baik dihubungkan oleh saraf maupun melalui persendian, misalnya yang menghubungkan tungkai lengan dengan badan dan sebagainya. Belajar mengenai tubuh manusia tentunya mempunyai tahap-tahap tertentu sebelum melangkah lebih jauh ke materi yang lebih dalam. Pada praktikum sikpa anatomi tubuh manusia ini perlu kita berikan perhatian yang amat lebih sebagai dasar untuk kita mengetahui bagian-bagian atau potongan tubuh manusia.
Mengingat di dalam pembagian atau potongan-potongan tubuh manusia terdapat istilah-istilah tertentu, maka perlu diadakan praktikum ini, karena sebagai dasar praktikan untuk melanjutkan ke unit praktikum selanjutnya selain itu untuk memudahkan praktikan setiap kali melakukan pengamatan pada tubuh probandus dan sebagai keterampilan dasar sebagai tambahan wawasan.
B.     Tujuan Praktikum
Tujuan dari praktikum ini yaitu untuk mengetahui posisi anatomis pada manusia.
C.    Manfaat Praktikum
Manfaat dari praktikum ini agar mahasiswa dapat mengetahui posisi anatomis pada tubuh manusia.


BAB II
TINJAUAN PUSTAKA
Kata anatomy berasal dari bahasa yunani (Greek) yang secara literatur diartikan sebagai “membuka suatu potongan”. Antomi adalah suatu ilmu yang mempelajari bagian dalam (internal) dan luar (external) dari struktur tubuh manusia dan hubungan fisiknya dengan bagian tubuh yang lainnya. Contoh: mempelajari organ jantung dan posisinya dalam  tubuh. Kata physiology juga juga berasal dari bahasa yunani (Greek) yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana suatu organisme melakukan fungsi utamanya. Contoh: seseorang yang ingin mempelajari fisiologi tentang bagaimana jantung bisa memompa darah. Anatomi fisiologi adalah dua hal yang berkaitan erat satu dengan yang lainnya baik secara teoritis maupun secara praktikal, sehingga muncul suatu konsep: “semua fungsi yang spesifik dibentuk dari struktur yang spesifik” (Martini:2001)
Struktur regional mempelajari letak geografis bagian tubuh dan setiap region atau daerahnya misalnya lengan, tungkai, kepala dan seterusnya. Mempelajari letak dan hubungan satu bagian tubuh tidak dapat terpisah dari pengamatan tentang kegunaan setiap struktur dan system jaringan struktur tertentu yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Semua gambaran tubuh manusia didasarkan pada orang berdiri tegak dengan ekstrimitas disamping tubuh dan wajah serta telapak tangan mengarah ke depan (Syaifuddin, 2009).
Posisi standar anatomi diterapkan untuk mempelajari anatomi, sehingga dengan ketentuan dasar posisi anatomi, kedudukan bagian tubuh yang satu terhadap bagian tubuh yang lain akan selalu tetap meskipun tubuh dalam keadaan melakukan gerakan ataupun dalam melakukan posisi apapun, sebagai contoh adalah bahwa kepala selalu berada di sebelah cranial (atas) dari badan meskipun posisi badan dalam keadaan berdiri atau tidur (Sudibjo, dkk. 2011).
Istilah yang digunakan dalam anatomi. Banyak bagian tubuh yang terletak simetris .Misalnya anggota gerak mata dan telinga paru-paru dan ginjal. Limpa terletak di sebelah kanan ,pankreas terletak sebagian di kiri dan sebagian di kanan Ini disebut dengan posisi anatomi.Maka letak berbagai bagian tubuh dilukiskan dengan memperbandingkannya dengan pada garis-garis dan bidang-bidang khayal(imajiner).Misalnya bidang medial melalui sumbu tengah tubuh .Sesuatu struktur yang letaknya lebih dekat dengan pada bidang  median tubuh daripada struktur lain.Misalnya otot pangkal paha adalah media terhadap kelompok lainnya yang berada di sebelah luar yang disebut aspek lateral maka sisi dalam paha disebut aspek medial (Pearce: 2006).
Istilah interna dan externa  digunakan untuk melukiskan jarak relative sebuah organ atau struktur terhadap pusat sebuah rongga .Iga-iga misalnya mempunyai permukaaan interna yaitu yang menghadap ke dalam rongga dada dan permukaan externa yang ke sebelah luar. Istilah superficial(di permukaan) dan profunda(dalam) digunakan untuk menunjukkan jarak relative dari permukaan tubuh . Dan istilah  superior dan inferior menunjukkan letak relative tinggi atau rendah kususnya dari klavikula(tulang selangka). Istilah anterior dan posterior merupakan persamaan dari ventral dan dorsal .Dalam melukiskan permukaan telapak kaki dipakai istilah plantar dan dorsal. Istilah proksimal dan distal untuk menunjukkan letak dekat jauhnya atau  jarak dari sebuah titik tertentu .Bila tiga struktur terletak dalam suatu garis yang berjalan mulai dari bidang median tubuh ke samping luar ,mka ini dilukiskan sebagai letak medialis , intermedialis dan lateralis (Pearce:2006).
Menurut Sudibjo dkk (2011) dalam ilmu anatomi terdapat istilah-istilah yang dipakai untuk menggambarkan gerak tubuh antaralain: Fleksi Mempunyai arti menekukan bagian tertentu atau mengecilkan sudut antara bagian-bagian tubuh. Ekstensi berarti meluruskan suatu bagian atau menambah besarnya sudut antara bagian-bagian tubuh. Abduksi mempunyai arti menjauhi bidang media tubuh dalam bidang koronal. Aduksi berarti menggerakan kearah bidang median dalam bidang koronal, pada jari-jari tangan dan jari-jari kaki abduksi yang berarti merentangkannya terpisah, dan dengan abduksi dimaksudkan dengan mempersatukannya. Pronasi ialah rotasi medial lengan bawah dan tangan sehingga telapak tangan menghadap ke belakang (dorsal). Suspinasi ialah rotasi lateral lengan bawah dan tangan sehingga telapak tangan menghadap ke depan (ventral), seperti pada posisi anatomis. Eversi berarti memutarkan telapak kaki keluar (lateral). 



BAB III
METODE PRAKTIKUM


A.      Waktu dan Tempat
Hari/Tanggal   : Kamis//12 Mei 2016
Pukul               : Pukul 16.00 s.d 17.50 WITA
Tempat            : Laboratorium Biologi Lantai III Barat FMIPA UNM
B.                         Alat dan Bahan
            a.     Alat
                       1.     Pulpen
                       2.     penggaris
            b.     Bahan
1.      Probandus
2.      Gambar arah potong tubuh manusia
3.      Kertas
C.      Prosedur Kerja
a.       Menyediakan alat dan bahan yang akan di gunakan.
b.   Mangamati gambar arah potongan tubuh manusia kemudian memilih seorang sebagai      probandus untuk menjadi media.
c.       Mengamati bidang-bidang tubuhnya dengan posisi tegak
d.      Menggambar posisi tubuh probandus pada kolom hasil pengamatan
 
BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN


A.      Hasil Pengamatan
Gambar 1.1  posisi anatomis tubuh manusia
Gambar
keterangan




1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.

B.       Pembahasan
Pembelajaran biologi tentunya tidak terlepas dari belajar mengenai tubuh manusia. Salah satu mata pembelajaran yang membahas anatomi tubuh manusia adalah Anatomi Fisiologi Manusia. Anatomi sendiri berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari kata ana yang berarti memisah-misah atau mengurai dan tomes yang artinya memotong-motong, jadi anatomi berarti mengurai atau mengurai atau memotong. Dalam mempelajari tubuh manusia tentunya kita harus memahami dasar-dasar pembagian atau pemberian istilah-istilah dari tubuh manusia.
Istilah yang digunakan dalam anatomi. Banyak bagian tubuh yang terletak simetris .Misalnya anggota gerak mata dan telinga paru-paru dan ginjal. Limpa terletak di sebelah kanan ,pankreas terletak sebagian di kiri dan sebagian di kanan Ini disebut dengan posisi anatomi.Maka letak berbagai bagian tubuh dilukiskan dengan memperbandingkannya dengan pada garis-garis dan bidang-bidang khayal(imajiner).
Setelah dilakukan pengamatan, maka diperoleh hasil pengamatan sikapa anatomi tubuh manusia sebagai berikut:
  1. Median Sagittal Plane. Bidang median merupakan bidang yang membagi tepat tubuh menjadi dua bagian yaitu bagian  kanan dan kiri, sedangkan bidang sagittal merupakan bidang yang membagi tubuh menjadi dua bagian dari titik tertentu (tidak membagi tepat dua bagian seimbang)
  2.  Transverse Plane Bidang ini membagi tubuh menjadi dua bagian yaitu bagian atas (superior) dan bagia bawah (inferior).
  3. Coronal or Frontal Plane Bidang koronal adalah bidang vertikal tegak lurus terhadap bidang median atau sagital. membagi tubuh menjadi bagian depan (anterior) dan belakang (posterior).



BAB V
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Berdasarkan kegiatan praktikum Anatomi dan Fisiologi Manusia yang telah dimlaksanakan mengenai Sikap anatomis pada manusia, maka dapat di simpulkan pembagian daerah atau potongan tubuh manusia dapat dibagi secara umum ke dalam tiga bidang yatu median sagittal plane, tansverse plane dan  Coronal or Frontal Plane.
B.     Saran
Sebaiknya dalam pengerjaan laporan tidak usah menggambar kembali gambar yang telah ada di penuntun.

DAFTAR PUSTAKA
Martini, FH. 2001. Fundamental of Anatomy and Physiologi. New Jerseyy: Prentic-Hall Inc
Pearce, Evelyn C. 2006. Anatomi Dan  Fisiologi Untuk Paramedis. Jakarta: Gramedia
Sudibjo, prijo dkk. 2011. Diktat Anatomi Manusia. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal IPTEK Olahraga Volume 14 No 1.
Syaifuddin. 2009. Anatomi Tubuh Manusia Untuk Mahasiswa Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

0 Response to "LAPORAN ANFISMAN SIKAP ANATOMI TUBUH MANUSIA"

Post a Comment